Minggu, 18 Oktober 2009

Pengenalan java

Pendahuluan :
~> JAVA adalah sebuah bahasa pemrograman berbasis obyek (Object Oriented Programing) yang dipopulerkan oleh Sun Microsystem
~> Object Oriented Programing,adalah suatu teknik pemrograman dengan merepresentasikan object dunia nyata (attribut dan behavior) ke dalam suatu teknik pembuatan aplikasi computer

Persiapan :
~> Java Developtment Kit (JDK),adalah sebuah alat (tools) yang disediakan oleh Sun Microsystem kepada user untuk mengembangkan program aplikasi berbasis JAVA. JDK berisi Java Runtime Environtment (JRE),Java Compiler (java.exe dan javac.exes) dan Source Code Library Java.
~> Java Runtime Environtment (JRE),adalah mesin virtual (Virtual Machine) yang dibutuhkan agar aplikasi JAVA dapat berjalan di dalam sistem secara Stand Alone.
~> Compiler Java (javac.exe),adalah sebuah program yang digunakan untuk menterjemahkan(compiling) source code java menjadi kode mesin agar dapat dimengerti oleh sistem komputer.
~> Interpreter Java (java.exe),adalah sebuah program yang digunakan untuk mengeksekusi bytecode yang dihasilkan oleh compiler Java.

Struktur Bahasa Java
class className{

access_modifier data_type attributName;
access_modifier data_type attributName;


access_modifier data_type methodName1(){
method_body;
}
access_modifier data_type methodName2(){
method_body;
}


public static void main(String[] args){
method_body;
}
}


~> Class Name,nama atau identitas suatu kelas
~> Access Modifier (public,private dan protected),untuk menentukan scope/ruang lingkup dari attribut atau method. Public,berarti dapat diakses dari kelas manapun atau bersifat umum,Protected,hanya dapat di akses kelas itu sendiri dan kelas turunananya,Private ,hanya dapat di akses oleh kelas itu sendiri.
~> Data Type, menentukan tipe data yang dimiliki oleh attribut atau method,agar dapat di isi nilai tertentu sesuai dengan tipe data yang dimiliki attribut/method tersebut.
~> Attribut Name dan Method Name,merupakan identitas unik (nama) suatu attribut atau method.
~> Method Body,adalah isi dari suatu method yang merupakan logika proses tertentu.
~> Main Function,fungsi utama yang harus ada pada class utama,agar aplikasi java dapat di jalankan
Contoh Program Java
public class contohClass {
public static void main(String[ ] args) {
System.out.println("Hello World");
}
}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar